Sabtu, 30 Januari 2010

Diposting oleh Harippudin

Kata robot berasal dari bahasa Czech, yakni robota, yang berarti pekerja. Dilihat dari struktur dan fungsi fisiknya, robot terdiri dari dua bagian yakni mobile robot dan non mobile robot. Kombinasi dari keduanya dapat menghasilkan kelompok  kombinasi konvensional ( mobile dan non mobile) dan kelompok non konvensional. Pada kelompok pertama diberikan nama  kelompok konvensional karena nama yang digunakan  dalam konteks penelitan adalah nama-nama yang dianggap sudah umum seperti mobile manipulator, climbing robot, dan walking robot.  Sedangkan robot non konvensional dapat berupa robot humanoid, animanoid, extra ordinary atau segala bentuk penyerupaan yang biasa dilakukan.
Awalnya, aplikasi robot tidak bisa dipisahkan dengan industri, sehingga muncul istilah industrial robot dan robot manipulator. Robot industri diciptakan untuk berbagai keperluan dalam meningkatkan produksi, memiliki bentuk lengan-lengan kaku yang terhubung secara seri dan memiliki sendi yang dapat berputar (rotasi) dan memanjang atau memendek (translasi atau prismatic). Satu sisi lengan yang disebut sebagai pangkal ditanam pada bidang atau meja yang statis (tidak bergerak), sedangkan sisi yang lain disebut sebagai ujung (end of effector) yang dimuati tool tertentu sesuai dengan tugas robot.  Dalam dunia mekanikal, manipulator ini memiliki dua bagian yakni lengan atau arm dan pergelangan wrist.
Kelompok robot industri yang paling sering disebut sebagai keluarga robot berlengan dinamai robot manipulator atau robot arm. Sementara yang lebih dikenali sebagai mesin cerdas yang tidak selalu tampak memiliki lengan (arm), lebih lazim disebut dengan nama khusus sesuai dengan fungsinya. Mereka biasanya memiliki nama tersendiri sesuai dengan fungsinya, misalnya mesin bubut otomatis, milling otomatis digolongkan dengan nama CNC Machine, ada juga mesin jenis lain yang dinamakan EDM (Electric Discharge Machine).

1 komentar:

ulbrichibarra mengatakan...

Tinted Titanium Price Per ounce - T-Series, LLC - T-Series LLC
Tinted tungsten titanium Titanium Price Per ounce titanium bar stock - T-Series, LLC is a benjamin moore titanium business of Tinted Manufacturing and Manufacturing in titanium legs the T-Series LLC of Tinting, Inc., mens titanium watches based in Las Vegas, Nevada,

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
pengalaman: Kuliah Kerja Nyata (KKN) “pendidikan Lingkungan Hidup” di Lembang Kab.Bandung, Prakerin di PT. Dirgantara Indonesia (PTDI) Bandung, Program Pendampingan SMK di SMKN 1 Jamblang (2009). Kegiatan lainnya: Seminar Robotech-Elektrovaganza HME JPTE FPTK UPI, peserta sekaligus panitia dalam workshop mikrokontroller AVR untuk Pemograman Robot HME JPTE FPTK UPI (2007), Instruktur pada pelatihan Basic Training Komunitas Mahasiswa Penggemar Otomasi dan Robotika, peserta Pelatihan Robotika Kontes Robot Indonesia (KRI) & Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) yang diselenggarakan oleh DIKTI pada tahun 2008 di Bandung. Prestasi yang diraih yaitu sebagai Juara III dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat regional di UI(2009) dan Juara III dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional di UGM(2009).

SHIRARU

SHIRARU
susunan robot SHIRARU pada KRI 2009