Sabtu, 30 Januari 2010

Diposting oleh Harippudin

Dalam pemrograman sebuah robot ada tiga langkah yang harus diperhatikan untuk mempermudah dalam melakukan pendesainan sofware/program robot, berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah 1. Desain kebutuhan kontrol robot anda
 Berapa banyak intruksi yang diproses dalam satu perioda waktu (clock intruksi)?
 Apa intruksi yang diprioritaskan pada sistem kontrol robot?
 Apakah anda akan menggunakan super loop(), foreground background, time triggered, atau event triggered sebagai arsistektur software (program)?
 Apakah anda menggunkan satu atau multi mikroprosesor pada robot anda? Jika anda menggunakan multi mikroprosesor, bagaimana mikroprosesor itu berkomunikasi?
 Apakah anda menggunakan sistem kontrol tertutup (close loop)? jika anda menggunakannya, apa kelemahan untuk memori yang dibutuhkan?
 Tingkat pemrograman apa yang anda gunakan untuk pengkodean mekanisme kontrol?

Langkah 2. Susun skema mekanisme kontrol robot
 Apakah anda telah menetapkan jenis kontroler yang akan anda gunakan? apakah itu sebuah mikrokontroler (AVR,8051,PIC)? atau itu sebuah DSP mikroprosesor? atau anda lebih memilih untuk menggunakan komputer?
 Apakah anda sudah menyusun skema hardware untuk robot?
 Apakah anda menyusun algoritma global untuk menjalankan sistem kontrol?
 Sudahkah anda menyusun algoritma untuk setiap fungsi yang anda gunakan dalam program anda?
 Ketauhilah berapa banyak data yang akan anda gunakan dalam program tersebut? jenis data apa yang akan anda gunakan? selanjutnya apakah data tersebut digunakan untuk secara global atau lokal? (ingat bahwa semakin besar bit dari tipe data yang digunkan semakin lama waktu yang dibutuhkan prosesnya)

Langlah 3. Pengkodean (pembuatan sintaks program)
 Jika anda telah menyelesaikan langkah satu dan dua, bagian ini lebih muda dibandingkan jika langsung masuk langkah tiga.
 Bagaimanapun ingat untuk menguji dan memback-up kode anda.
 Ingat juga untuk memberi komentar pada kode anda, karena siapa tau anda lupa.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
pengalaman: Kuliah Kerja Nyata (KKN) “pendidikan Lingkungan Hidup” di Lembang Kab.Bandung, Prakerin di PT. Dirgantara Indonesia (PTDI) Bandung, Program Pendampingan SMK di SMKN 1 Jamblang (2009). Kegiatan lainnya: Seminar Robotech-Elektrovaganza HME JPTE FPTK UPI, peserta sekaligus panitia dalam workshop mikrokontroller AVR untuk Pemograman Robot HME JPTE FPTK UPI (2007), Instruktur pada pelatihan Basic Training Komunitas Mahasiswa Penggemar Otomasi dan Robotika, peserta Pelatihan Robotika Kontes Robot Indonesia (KRI) & Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) yang diselenggarakan oleh DIKTI pada tahun 2008 di Bandung. Prestasi yang diraih yaitu sebagai Juara III dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat regional di UI(2009) dan Juara III dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional di UGM(2009).

SHIRARU

SHIRARU
susunan robot SHIRARU pada KRI 2009