Sabtu, 30 Januari 2010

Diposting oleh Harippudin

Ditinjau dari asal usul kata, kata algoritma sendiri mempunyai sejarah yang aneh. Kata ini tidak muncul di dalam kamus Webster sampai akhir tahun 1957. Orang hanya menemukan kata algorism yang berarti proses menghitung dengan angka Arab. Anda dikatakan algorist jika anda menggunakan angka Arab. Para ahli bahasa berusaha menemukan asal kata algorism ini namun hasilnya kurang memuaskan. Akhirnya para ahli sejarah matematika menemukan asal mula kata tersebut. Kata algorism berasal dari nama penulis buku Arab yang terkenal, yaitu Abu Ja’far Muhammad ibnu Musa al-Khuwarizmi (al-Khuwarizmi dibaca orang Barat menjadi algorism). Al-Khuwarizmi menulis buku yang berjudul Kitab al jabar wal-muqabala, yang artinya “Buku pemugaran dan pengurangan” (The book of restoration and reduction). Dari judul buku itu kita juga memperoleh akar kata “aljabar” (algebra). Perubahan dari kata algorism menjadi algorithm muncul karena kata algorism sering dikelirukan dengan arithmetic, sehingga akhiran -sm berubah menjadi thm. Karena perhitungan dengan angka Arab sudah menjadi hal yang sudah biasa/ lumrah, maka lambat laun kata algorithm berangsur-angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum, sehingga kehilangan makna aslinya. Dalam bahasa Indonesia, kata algorithm diserap menjadi algoritma.
Dan algoritma secara umum dijelaskan sebagai “urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”. Kata Logis merupakan kata kunci dalam Algoritma. Langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. Oleh karena algoritma harus dinyatakan dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh pemroses. Jadi suatu pemroses harus :
1. Mengerti setiap langkah dalam Algoritma
2. Mengerjakan operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut.
Dalam dunia robotika pemroses data biasanya berupa komputer, PLC, DCS, dan yang sering digunakan dalam penggemar robotika menggunakan pemroses microprocessor atau mikrokontroler dikarenakan bentuk fisik yang kecil dan penggunaan daya yang relatif kecil sekitar 100mW, tentunya juga dengan harga yang terjangkau. Agar algoritma dapat dilaksanakan oleh pemroses, algoritma harus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman sehingga dinamakan program. Jadi program adalah perwujudan atau implementasi teknis Algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrogaman tertentu sehingga dapat dilaksanakan oleh pemroses.
Memprogram tidak sama dengan bahasa pemrograman. Memprogram adalah suatu metodologi pemecahan masalah, kemudian menuangkannya dalam suatu notasi tertentu yang mudah dibaca dan dipahami. Sedangkan bahasa pemrograman berarti memakai suatu bahasa aturan-aturan tata bahasanya, instruksi-instruksinya, tata cara pengoperasian compiler-nya, dan memanfaatkan instruksi-instruksi tersebut untuk membuat program yang ditulis hanya dalam bahasa itu saja.
Sampai saat ini terdapat puluhan bahasa pemrogram. Yang dapat dibedakan berdasarkan tujuan dan fungsinya.
Demikian juga halnya dengan pemroses data berbasis komputer. Meskipun setiap pemroses berbeda teknologinya, tetapi secara umum semua komputer dapat melakukan operasi-operasi dasar dalam pemrograman seperti operasi pembacaan data, operasi perbandingan, operasi aritmatika, dan sebagainya. Perkembangan teknologi pemroses data tidak mengubah operasi-operasi dasar it, yang berubah hanyalah kecepatan, biaya, atau tingkat ketelitian. Pada sisi lain setiap program dalam bahasa tingkat tinggi selalu diterjemahkan kedalam bahasa mesin sebelum akhirnya dikerjakan oleh CPU didalam pemroses data tersebut. Setiap instruksi dalam bahasa mesin menyajikan operasi dasar yang sesuai, dan menghasilkan efek netto yang sama pada setiap komputer.
Algoritma berisi urutan langkah-langkah penyelesaian masalah. Ini berarti Algoritma adalah proses yang Prosedural. Definisi Prosedural menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia :
1. Tahap-tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas.
2. Metode langkah demi langkah secara eksak dalam memecahkan suatu masalah.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
pengalaman: Kuliah Kerja Nyata (KKN) “pendidikan Lingkungan Hidup” di Lembang Kab.Bandung, Prakerin di PT. Dirgantara Indonesia (PTDI) Bandung, Program Pendampingan SMK di SMKN 1 Jamblang (2009). Kegiatan lainnya: Seminar Robotech-Elektrovaganza HME JPTE FPTK UPI, peserta sekaligus panitia dalam workshop mikrokontroller AVR untuk Pemograman Robot HME JPTE FPTK UPI (2007), Instruktur pada pelatihan Basic Training Komunitas Mahasiswa Penggemar Otomasi dan Robotika, peserta Pelatihan Robotika Kontes Robot Indonesia (KRI) & Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) yang diselenggarakan oleh DIKTI pada tahun 2008 di Bandung. Prestasi yang diraih yaitu sebagai Juara III dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat regional di UI(2009) dan Juara III dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional di UGM(2009).

SHIRARU

SHIRARU
susunan robot SHIRARU pada KRI 2009